Terjemahan Kitab Fathul Qorib, Safinatun Najah, Jurumiyah, Fathul Muin, Bidayatul Hidayah, Nashoihul Ibad, Al Bidayah Wan Nihayah, Sulam Taufiq, Syamsul Maarif, Tafsir Jalalain, Irsyadul Ibad, Uqudulujain dll

Terjemahan dan Penjelasan Kitab Nashoihul Ibad Bab 2


Dalam bab 2 ini ada 30 nasihat, 4 dari hadits Nabi dan sisanya atsar para sahabat dan tabi'in.

Maqolat ke 1

Dua hal yang tidak ada sesuatu yang lebih utama dari keduanya yakni iman dan memberi manfaat kepada kaum muslimin, baik dengan ucapan, kedudukan, harta dan tenaga.

Barang siapa yang pagi harinya tidak berniat zhalim kepada seseorang, maka diampuni dosanya. Dan barang siapa yang pagi harinya berniat menolong orang teraniaya dan membantu hajat muslimin, maka dia dapat pahala seperti haji mabrur.

Hamba yang paling dicintai Allah adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada manusia. Amal paling utama adalah memberikan kegembiraan pada hati mumin dengan cara mengobati rasa laparnya atau rasa sedihnya atau membayarkannya utang.

Ada 2 hal yang tidak ada yang lebih buruk dari keduanya, yakni menyekutukan Allah dan memberikan kemadorotan kepada maum muslimin, baik pada fisiknnya maupun hartanya.

Seagala perintah Allah akan kembali kepada 2 hal yakni mengagungkan Allah dan mengasihi makhluknya, seperti perintah  "Dirikanlah sholat dan tunaikan zakat" dan "Bersyukurlah kepada-Ku dan kapada kedua orang tuamu".

Bersambung

Sumber : Kitab Nashoihul Ibad, hal 4, cetakan Toha Putera Semarang


============================

LAGI PROMO

Nadzom Alfiyah Terjemah
Terjemah Talim Mutaalim
Terjemah Safinah
Terjemah Riyadush Sholihin
Terjemah Bidayatul Hidayah
==========================
Tag : Nashoihul Ibad
Back To Top