Terjemahan Kitab Fathul Qorib, Safinatun Najah, Jurumiyah, Fathul Muin, Bidayatul Hidayah, Nashoihul Ibad, Al Bidayah Wan Nihayah, Sulam Taufiq, Syamsul Maarif, Tafsir Jalalain, Irsyadul Ibad, Uqudulujain dll

Aqidatul Awam Latin dan Arab


Aqidatul Awam: Pengertian, Teks dalam Bahasa Arab, dan Pentingnya dalam Iman Muslim

Aqidatul Awam adalah salah satu naskah yang digunakan dalam agama Islam untuk mengajarkan prinsip-prinsip iman dasar kepada umat Muslim. Naskah ini menguraikan keyakinan- keyakinan yang mendasar dalam Islam dan menjadi pedoman bagi orang awam untuk memahami esensi iman mereka. Artikel ini akan mengulas pengertian Aqidatul Awam, menyajikan teksnya dalam bahasa Arab dan Latin, serta menyoroti pentingnya pemahaman ini dalam kehidupan seorang Muslim.

Pengertian Aqidatul Awam

Aqidatul Awam adalah sebuah teks yang merangkum keyakinan- keyakinan fundamental dalam agama Islam. Naskah ini diciptakan untuk mempermudah pemahaman iman dasar bagi umat Muslim yang mungkin tidak memiliki latar belakang pendidikan agama yang mendalam. Aqidatul Awam membantu menjelaskan prinsip-prinsip iman yang mendasar dan menjadi pedoman bagi umat Muslim untuk memahami dasar-dasar kepercayaan mereka.

Teks Aqidatul Awam dalam Bahasa Arab

Berikut ini adalah teks Aqidatul Awam dalam bahasa Arab:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

العقيدة الواضحة

آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَيَوْمِ الآخِرِ وَالْقَدْرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ مِنْ اللَّهِ تَعَالَى وَالْبَعْثِ بَعْدَ الْمَوْتِ لِكُلِّ نَفْسٍ عَامَلَةٍ بِمَا عَمِلَتْ وَالْجَنَّةِ وَالنَّارِ حَقًّا وَالصِّرَاطِ الَّذِي يَسِيرُ عَلَيْهِ وَالْكَلِمَتَيْنِ اللَّتِي عَلَى اللَّهِ وَالْبَرَاءَةِ مِنْ الشِّرْكِ وَالْمُشْرِكِينَ وَمُحَبَّةِ أَوْلِيَائِهِ وَالْمُبَغَّضَةِ لِأَعْدَائِهِ وَمُنَاوَآةِ اللَّهِ وَمُعَادَاةِ أَعْدَائِهِ وَالتَّوْلِي عَلَى وَلِيِّ اللَّهِ وَالْوَلايَةِ مِنْهُ وَالْخُرُوجِ مِنْ دَارِ الْكُفْرِ وَالْوَلِيمَةِ لِلسُّنَّةِ وَالْكَرَامَةِ مِنْ اللَّهِ تَعَالَى وَنُصْرَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَالتَّصْدِيقِ بِالْمَعَادِ وَتَصْدِيقِ مَا جَاءَ عَنْ أَهْلِ الْبَيْتِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِمْ وَاللَّعْنِ لِلظَّالِمِينَ وَالْتَصْدِيقِ بِالْكَتَبِ وَالسُّنَّةِ.

Terjemahan Teks Aqidatul Awam dalam Bahasa Latin

Berikut ini adalah terjemahan teks Aqidatul Awam dalam bahasa Latin:

Bismillahir-Rahmanir-Raheem

Aqidatul Awam

Kami beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhirat, takdir-Nya yang baik dan yang buruk berasal dari Allah Yang Maha Tinggi, kebangkitan setelah kematian bagi setiap jiwa yang akan dihisab atas amalannya, surga dan neraka adalah nyata, jalan yang ditempuh, dua kalimat yang diucapkan kepada Allah, berlepas diri dari syirik dan orang-orang yang berbuat syirik, mencintai para wali Allah dan membenci musuh-musuh-Nya, bersahabat dengan Allah dan memusuhi musuh-musuh-Nya, wilayah Allah dan wilayah dari-Nya, keluar dari negeri kufur, pesta untuk Sunnah, kemuliaan dari Allah Yang Maha Tinggi, bantuan kepada Rasul Allah SAW, mempercayai hari pembalasan, mempercayai apa yang telah datang dari Ahlul Bayt SAW, melaknat orang-orang zalim, mempercayai kitab-kitab dan sunnah.

Pentingnya Pemahaman Aqidatul Awam dalam Iman Muslim

Pemahaman Aqidatul Awam adalah kunci dalam memahami dan menguatkan iman seorang Muslim. Ini adalah fondasi iman yang mendasar, yang membantu individu untuk memahami siapa Allah, tugas para rasul, hari akhirat, takdir Allah, dan nilai-nilai moral dalam Islam. Pemahaman ini juga membantu umat Muslim untuk membedakan antara tauhid (kepercayaan kepada Allah) dan syirik (kepercayaan kepada selain Allah), yang merupakan prinsip utama dalam Islam.

Dengan memahami Aqidatul Awam, seorang Muslim dapat memperkuat imannya, mendekatkan diri kepada Allah, dan menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran Islam. Ini juga membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan keagamaan, mengatasi keraguan, dan menghadapi tantangan-tantangan dalam kehidupan dengan keyakinan yang kokoh.

Sebagai penutup, Aqidatul Awam adalah naskah yang penting dalam Islam yang menguraikan keyakinan- keyakinan dasar. Pemahaman ini adalah pondasi kuat dalam memperkuat iman seorang Muslim dan menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam.


============================

LAGI PROMO

Nadzom Alfiyah Terjemah
Terjemah Talim Mutaalim
Terjemah Safinah
Terjemah Riyadush Sholihin
Terjemah Bidayatul Hidayah
==========================
Tag : Aqidatul Awam
Back To Top